Minggu, 12 Juli 2009

Puasa Sunat

Puasa sunnat adalah satu yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, dengan segala kelebihan atau Fadhilah di dalamnya sehingga begitu ditekankan oleh beliau (Rosulullah SAW), terutama untuk bulan-bulan HARAM (suci). Setiap kita sebagai seorang Muslim yang ingin mencapai keridhoan Allah, tentulah harus menambah amal 'ibadah dengan perkara yang sunat-sunat, karena tidaklah mencukupi bila kita hanya bersandar atas amal-amal yang fardhu, karena amal yang fardhu itupun penuh dengan kekurangan


Berikut akan coba diberikan secara ringkas Hadit-hadit yang berkenaan dengan hal tersebut, sbb :

Dalam Bidayatul Hidayah nya Imam Al-Ghazali :

والأيام الفاضلة التي شهدت الأخبار بشرفها وفضلها، وبجزالة الثواب في صيامها: يوم عرفة لغير الحاج، ويوم عاشوراء، والعشر الاول من ذي الحجة، والعشر الأول من المحرم، ورجب وشعبان، وصوم الأشهر الحرم من الفضائل، وهي ذو القعدة وذو الحجة والمحرم ورجب، واحد فرد وثلاثة سرد، وهذه في السنة

"dan adapun amal yang mengandung Fadhilah telah dikuatkan oleh khabar atas keutamaanya itu terhadap nilai pahala daripada berpuasa, adalah puasa di hari 'Arafah bagi yang tidak berhaji, puasa di hari 'asyura kemudian 10 hari di awal daripada bulan Dzulhijjah, 10 hari di awal daripada bulan Muharram, Rajab dan Sya'ban, dimana puasanya di bulan-bulan haram tersebut mengandung keutamaan. Juga pada bulan Dzulqoidah, Dzulhijjah, Muharram dan Sya'ban, daripada hari pertama sampai ke tiga, inilah yang disunnahkan".

jadi , 10 hari berpuasa itu tidaklah dikatakan oleh Al-Ghazali sebagai "disunnahkan" namun ia mengadungi Fadhilul a'mal yaitu kelebihan. Dan juga ia (Al-Ghazali) tidak mengkhususkan hanya di bulan Rajab saja, ada bulan-bulan lain. Sedangkan yang disunnahkan itu adalah puasanya 3 hari di setiap bulan.

satu yang menjadi catatan, memang dalam setiap karangannya, Imam Ghazali tidak melampirkan Hadit itu secara lengkap sanad dan statusnya, namun kita sebagai Tholabul Ilm yang masih awwam sekali atas ilmu dianjurkan untuk memahami bagaimana seorang Al-Ghazali yang sudah mencapai derajat Al-Imam, Al-Hujjah dalam Ilmu Agama ini, tentu tidak akan sembarangan meletakkan Hadit

Puasa Nabi Dawud 'alaihissalam :

عن ابى سلمه بن عبد الرحمن , عن عبد الله بن عمرو قال : قال لى رسول الله صلى الله عليه وسلم (( لقد اُخبرت انك تقوم الليل وتصوم النهار )) قال . قلت يا رسول الله صلى الله عليه وسلم . نعم قال (( فصم , وافطر , وصل ونم , فان لجسدك عليك حق , وان لزوجك عليك حقا , وان لزورك عليك حقا , وان بحسبك ان تصوم من كل شهر ثلاثه ايام , قال : فشددت فشدد على . قال: فقلت يا رسول الله صلى الله عليه وسلم : قال (( فصم من كل جمعه ثلاثه ايام )) قال: فشددت فشدد على . قال : فقلت : يا رسول الله انى اجد قوة , قال: صم صوم نبى الله داود, ولا تزد عليه , قلت يا رسول الله , وما كان صيام داود عليه السلام؟ قال : (( كان يصوم يوما, ويفطر يوما )) ::: رواه احمد ::: ,

Hadit ini telah diriwayatkan daripada Abi Salamah bin AbdurRahman daripada Abdullah bin amru berkata ia Rasulullah saw telah dikabarkan bahwa aku pernah berkata akan selalu salat qiyam, akan berpuasa pada siang harinya sepanjang hidupku. Kemudian Rasulullah saw. bertanya:

Betulkah engkau pernah bilang demikian? Aku menjawab: Betul, aku pernah mengatakannya, wahai Rasulullah. Rasulullah saw. bersabda: Sungguh engkau tidak akan mampu melakukan yang demikian. Oleh karena itu berpuasalah dan juga berbukalah. Tidurlah dan bangun malamlah. Berpuasalah tiga hari dalam setiap bulan. Sebab, satu kebajikan itu nilainya sama dengan sepuluh kebajikan. Dan yang demikian itu (puasa tiga hari dalam tiap bulan) nilainya sama dengan puasa satu tahun. Lalu aku katakan kepada Rasulullah saw: Tetapi
aku mampu berbuat lebih dari itu. Beliau bersabda: Berpuasalah sehari dan tidak puasa dua hari. Aku katakan kepada beliau: Tetapi aku mampu berbuat lebih dari itu. Rasulullah saw. bersabda: Jika begitu, berpuasalah sehari dan berbukalah sehari, itu adalah puasa nabi Daud as. dan itulah puasa yang tengah-tengah.

Kemudian aku berkata: Sungguh aku mampu berbuat lebih dari itu. Rasulullah saw. bersabda: Tidak ada yang lebih utama dari itu. Abdullah bin Amru ra. berkata: Aku terima tiga hari sebagaimana yang dikatakan
Rasulullah saw. adalah lebih aku sukai dari istri dan hartaku. [HR.Ahmad].

Puasa di hari 13, 14 dan 15 (3 hari) di bulan-bulan hijriah, berikut :

dalam sunan An Nasa'i :

أنبأ محمد بن عبد العزيز بن أبي رزمة قال حدثنا الفضل بن موسى عن فطر عن يحيى بن سام عن موسى بن طلحة عن أبي ذر قال أمرنا رسول الله صلى الله عليه و سلم أن نصوم من الشهر ثلاثة أيام البيض ثلاث عشرة وأربع عشرة وخمس عشرة

"daripada Muhamamd bi abdul 'aziz bin abi Ruzamah berkata ia : telah mengkhabarkan kepadaku atas Fudhail bin Mushi daripada Fathor dari Yahya bi Samu dari Mushi bin Tholhah dari Abi Dzhar berkata ia, telah diperintahkan oleh Rosulullah SAW atas diriku bahwa sesungguhnya bila engkau (abi dzhar) ingin berpuasa dalam bulan tertentu selama tiga hari maka berpuasalah di hari ke 13, 14 dan ke 15" (HR. Nasa'i)

dalam sunan Ibn Majah :

أنبأ عمرو بن يزيد قال حدثنا عبد الرحمن قال حدثنا شعبة عن الأعمش قال سمعت يحيى بن سام عن موسى بن طلحة قال سمعت أبا ذر بالربذة قال قال لي رسول الله صلى الله عليه و سلم إذا صمت ثلاثا من الشهر فصم ثلاثا يعني ثلاث عشرة وأربع عشرة وخمس عشرة

"daripada Muhamamd bi abdul 'aziz bin abi Ruzamah berkata ia : telah mengkhabarkan kepadaku atas Fudhail bin Mushi daripada Fathor dari Yahya bi Samu dari Mushi bin Tholhah dari Abi Dzhar berkata ia, telah diperintahkan oleh Rosulullah SAW atas diriku bahwa sesungguhnya bila engkau (abi dzhar) ingin berpuasa dalam bulan tertentu selama tiga hari maka berpuasalah di hari ke 13, 14 dan ke 15" (HR. Nasa'i)

hadits ini banyak diriwayatkan oleh para ahli hadit, seperti Imam Nasa'i, Ibn Majah dan Al-Hafidz dan statusnya SOHIH,

Puasa bagi seorang yang belum berkemampuan Menikah :

Dalam Bhulugul Maram nya Al-Hafidz pada bab Nikah, sbb :
عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ لَنَا رَسُولُ اَللَّهِ يَا مَعْشَرَ اَلشَّبَابِ ! مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ اَلْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ , فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ , وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ , وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ ; فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ" مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

"Daripada Abdullah Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu berkata ia :

Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda pada kami: "Wahai segenap para muda, barangsiapa di antara kalian telah mampu berkeluarga hendaklah ia kawin, karena ia lebih dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu, hendaklah berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu." (Muttafaq 'Alaihi)"

nah, hadit itu telah diriwayatkan oleh dua orang Ahli Hadit ternama yaitu Bukhari dan Muslim dan statusnya SOHIH

Wallahu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar